MENGUPAS SI GIGI BIRU

MENGUPAS SI GIGI BIRU BLUETOOTH



Halo semuanya,
kali ini penulis akan membuat rangkuman tentang si gigi biru alias Bluetooth. Nama Bluetooth sendiri adalah nama yang di adopsi dari Raja Denmark Harald Bluetooth yang memerintah kerajaan Denmark pada tahun 940 - 981 SM. Namanya di ambil karena Raja Denmark tersebut sukses menggabungkan 2 kerajaan yaitu Denmark dan Norwegia menjadi sebuah kerajaan yang utuh.
Oke selesai sudah sejarahnya. Lanjut..
Dengan penamaan tersebut di harapkan Bluetooth yang merupakan media transmisi ini bisa juga menjadi teknologi pemersatu yang di gunakan di dalam komputer dan dunia telekomunikasi.

BAGAIMANA CARA KERJA BLUETOOTH?

Bluetooth merupakan teknologi yang berkembang sebagai jawaban atas kebutuhan komunikasi antar perlengkapan elektronik agar dapat saling mempertukarkan data dalam jarak yang terbatas menggunakan gelombang radio dengan frekuensi tertentu. Salah satu implementasi Bluetooth yang populer adalah pada peralatan seperti PDA, ponsel, headset dan kamera digital. Jaringan Bluetooth sendiri bekerja pada frekuensi 2.402 Giga Hertz sampai dengan 2.480 Giga Hertz. Peralatan Bluetooth (Bluetooth device) mengkonsumsi daya listrik yang kecil sehingga membatasi daya jangkauannya yang hanya sampai 10 meter.

PENERAPAN APLIKASI BLUETOOTH

Bluetooth adalah teknologi pengganti kabel yang bisa menggantikan kesemrawutan kabel-kabel yang terhubung antara komputer dengan keyboard, ponsel, mouse, printer, sound system, kamera digital, mesin facsimile dan lainnya. Kehadiran Bluetooth membuat seseorang tak lagi di pusingkan dengan kabel apa, warna apa, menuju kemana, dan harus di colok kemana. Fungsi interkoneksi antar peralatan tersebut dapat di gantikan oleh chipset Bluetooth yang di pasang secara built-in pada peralatan elektronik terkait.
Sebagai contoh, dalam aplikasi ponsel, kita dapat menemukan aplikasi Bluetooth yang sudah terinstal secara built-in pada hampir dua milyar telepon genggam yang ada di pasaran bersamaan dengan aneka fitur lainnya seperti Wi-Fi, GPS, dll. Aplikasi yang ada ini dapat di hubungkan dengan Bluetooth device yang bentuknya menyerupai wireless headset. Aplikasi Bluetooth ini sangat cocok untuk di gunakan oleh individu yang sedang mengendarai mobil sehingga menggunakan telepon genggam pada saat mengendarai mobil atau sepeda motor tidak menjadi masalah lagi.
Tidak hanya pada saat mengendarai mobil atau sepeda motor, alat ini sangat nyaman di gunakan pada saat santai seperti misalnya pada saat jalan santai di taman atau pun juga pada saat lari jogging di sore hari. Bluetooth juga dapat di gunakan pada perangkat input komputer seperti mouse dan keyboard dan juga transfer data dari komputer ke ponsel atau sebaliknya. Data ini dapat berupa lagu dalam bentuk mp3 atau pun juga foto.
Dalam beberapa tahun mendatang, Bluetooth di pastikan bakal di intregasikan ke dalam aneka produk peralatan perkantoran, rumah tangga, kesehatan, peralatan kedokteran, otomotif, musik, game, dan entertainment. Bluetooth bakal mengubah secara drastis gaya hidup dan cara kerja peralatan perkantoran dan perkakas rumah tangga.
Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment